Tips Bahasa Inggris Slang

Kebanyakan dari apa yang kita temukan atau pelajari dalam buku-buku pelajaran bahasa Inggris atau di situs-situs belajar bahasa Inggris adalah “bahasa Inggris standar”. Mempelajari bahasa Inggris standar memang perlu karena rata-rata orang di kebanyakan negara akan memahaminya – bahkan jika mereka sendiri tidak sering menggunakannya.

Tetapi jika kita pergi ke sebuah negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya, kita akan mendengar banyak variasi ungkapan-ungkapan. Sejumlah ungkapan hanya digunakan oleh orang tertentu saja, dan yang lainnya merupakan ungkapan-ungkapan kedaerahan atau jenis dialek, dan sebagian lagi adalah slang (bahasa gaul) – yang terkadang populer dalam waktu tertentu dan tidak lagi di waktu berikutnya.

Contohnya, berikut hanya beberapa dari berbagai cara untuk menanyakan kabar yang sama dengan “How are you?”.

How’s it going?
How are things?
What’s up?
How you doing?
How’ve you been doing?
How’s life?
You alright?
Alright?
Alright mate?

Seperti yang bisa kita lihat, tidak semua dari ungkapan di atas “benar secara gramatikal”. Tetapi semua ungkapan ini cukup umum di Inggris.

Lalu apa yang harus kita lakukan jika tidak mengerti sebuah ungkapan?

Jangan panik!

Jangan merasa bahwa Anda perlu mempelajari setiap frase yang mungkin anda dengar. Cukup mempelajari cara-cara standar yang umum dalam mengatakan sesuatu dan menggunakannya sampai anda merasa percaya diri. Setelah itu barulah anda bisa mencoba-coba cara-cara lain untuk menyatakannya.

Gunakan konteks untuk membantu anda memahami

Jika anda bertemu seseorang, kemungkinan besar hal pertama yang dikatakannya adalah ucapan salah. Jadi bahkan jika anda tidak mengerti persis frase yang diucapkan, berikanlah jawaban-jawaban standar seperti “good” atau “fine” lalu diikuti dengan “and you?” Kemudian, jika anda merasa perlu dan dianggap tidak memalukan, anda bisa menanyakan apa yang barusan ditanyakan/dimaksudkan secara persis.

Mendengarkan intonasi

Bahkan jika anda tidak memahami semua kata dalam sebuah frasa, dengarkan apakah intonasi suara naik atau turun. Jika intonasi suara naik ketika bertanya dengan “yes-no question” (seperti “Alright?”) atau turun ketika bertanya dengan “wh-questions” seperti “How is it going: anda bisa memberikan jawaban satu-kata seperti “Yes”. (adapted: englishspeaking)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s