Menghafal Frase Lebih Efektif Daripada Menghafal Kata

Saat berbicara menggunakan bahasa Indonesia, kata-kata yang keluar dari mulut seolah mengalir otomatis dan cepat tanpa harus dipikirkan terlebih dahulu dan kita langsung paham. Apakah anda telah merasakan hal ini ketika berbicara dengan bahasa Inggris? Mungkin jawabannya kemungkinan besar TIDAK jika metode yang anda gunakan selama ini masih metode menghafal kata per kata.

Satu hal yang perlu diketahui bahwa native speaker tidak belajar bahasa Inggris dengan menghafal kata per kata. Mereka mempelajari frase, yakni kombinasi-kombinasi kata yang selalu berbarengan atau kata-kata yang saling mengikuti satu sama lain. Oleh karena itu, untuk bisa berbahasa Inggris secara otomatis dengan kata-kata yang mengalir dan tanpa berpikir, anda harus mengubah metode lama yang anda pakai. Jangan menghafal kata per kata.

Saat anda menemukan sebuah kata baru, carilah frase atau kombinasi-kombinasi yang lazim dari kata tersebut. Penelitian yang dilakukan Dr. James Asher (seperti dikutip dari effortlessenglish) membuktikan bahwa menghafal/mempelajari frase lebih cepat 4-5 kali lipat dibanding menghafal/mempelajari kata per kata. Speaking dan grammar akan meningkat 4-5 kali lebih cepat, dan orang yang mempelajari frase memiliki grammar yang jauh lebih baik.

Jadi jika selama ini metode menghafal anda masih menghafal kata per kata, cobalah menggantinya dengan menghafal frase. Jangan lagi membuat daftar kata tunggal untuk dihafal tetapi buatlah daftar frase. Sebagai contoh, jika anda ingin menghafal kata “worry”, maka hafalkanlah frase-frase yang terdapat dalam kata “worry” seperti:

– I worry about (something)
– you don’t need to worry
– don’t worry me with that problem
– not to worry
– It happens. Don’t worry about it

Atau ketimbang menghafal kata “excuse” akan lebih baik menghafal bentuk-bentuk frasenya seperti:

– excuse the pun!
– excuse me!
– no excuse
– excuse of ignorance
– excuse for a delay

Dengan menghafal frase ketimbang kata anda bisa langsung menggunakan frase-frase tersebut secara otomatis tanpa harus memikirkan grammar dan susunan katanya. Jadi jika selama ini daftar hafalan anda masih dipenuhi dengan kata per kata, gantilah dengan frase. Jangan pernah lagi menuliskan satu kata tunggal, selalulah menuliskan frase atau kelaimat lengkapnya. Gunakan kamus idiom dan frase untuk membantu anda menghafal dan mempelajari frase.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s