Mencoba Meniru Logat Orang Inggris

Logat yang kita pakai saat berbahasa Inggris sangat dipengaruhi oleh bunyi dan intonasi bahasa asli kita. Banyak orang mengatakan bahwa logat itu tidak penting. Akan tetapi, pada beberapa situasi (misalnya jika Anda bekerja di call center, atau berkomunikasi dengan kolega atau klien berbahasa Inggris) Anda mungkin perlu mengurangi logat bahasa asli agar bahasa Inggris anda lebih mudah dipahami.

Faktor yang paling membedakan dari sebuah logat (yakni bagian-bagian sebuah logat yang menandakan ciri khas daerah atau negara) adalah dalam hal pronunciation atau pelafalan masing-masing bunyi, dan dalam hal intonasi atau penekanan (dimana suara anda naik atau turun).

Logat British

Bahkan di Inggris sendiri ada banyak logat. Dua diantaranya yang paling terkenal (yang kemungkinan paling sering kita dengar) adalah Received Pronunciation (logat resmi, yang juga dikenal sebagai “Queen’s English”) dan logat dari sekitar tenggara Inggris.

Ciri-ciri khusus kedua logat ini adalah:

– bunyi /r/ tidak dilafalkan pada akhir suku kata (walaupun dilafalkan jika diikuti bunyi vokal)

fire /faiə/ (r tidak dilafalkan)
firing /fairing/ (r dilafalkan)

– bunyi /a pada kata-kata seperti bath, grass, fast etc adalah bunyi a panjang (sama seperti pada “art”).

Logat RP / Home Counties (area di sekitar London) bisa didengar di tempat-tempat elit, sedangkan logat London tradisional (Cockney) mempengaruhi bagaimana bahasa Inggris digunakan pada area-area yang kurang elit. Logat ini sering disebut “Estuary English” dan beberapa ciri utamanya adalah:

– glottal stop (dimana /t/ diapit huruf vokal) tidak dilafalkan

contoh: bottle menjadi /boəl/

– bunyi “th” dilafalkan sebagai “f” atau “v”

Meminimalisir Logat Asli

Perlu diingat bahwa logat asli tidak bisa dihilangkan seluruhnya. Akan tetapi, ada beberapa cara untuk meminimalisirnya:

– Kenali bunyi (vowel / konsonan) atau pola-pola tekanan dan intonasi yang berbeda dari logat Inggris asli.

– Pelajari pola-pola tekanan dan intonasi ini. Anda mungkin perlu mengulang-ulang cara Anda melafalkan bunyi-bunyi (misalnya bagaimana menggerakkan lidah/bibir untuk melafalkan bunyi /t/ atau /b/ secara lebih baik).

– Latihan sebanyak mungkin. Listening dan speaking reguler akan membantu anda mengenali wilayah-wilayah dimana logat anda sangat berbeda dari penutur asli bahasa Inggris, sedangkan sering melakukan percakapan akan memungkinkan anda mempraktikkan langsung apa yang telah Anda pelajari.

Tips-Tips Pronunciation

1. Bagi penutur asli bahasa Inggris, salah satu tanda terbesar dari non-penutur asli adalah intonasi. Perhatikan dimana suara anda naik dan turun.

2. Salah menempatkan penekanan kata lebih besar kemungkinannya menyebabkan kesalahan interpretasi (dibanding jika anda salah melafalkan bunyi). Ketika anda belajar kata-kata baru, jangan lupa untuk mencari juga suku kata yang ditekan pada kata tersebut (bisa dilihat di kamus, atau baca postingan ini atau ini), sehingga anda tahu suku-kata mana yang ditekan dan mana yang tidak pada sebuah kata.

Untuk info lebih lanjut tentang penekanan (word stress) baca Penekanan kata dalam bahasa Inggris atau Pengantar English Pronunciation. (adapted: english-at-home).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s