English Is Fun

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu upaya dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan banyak membaca bacaan dalam bahasa Inggris. Dengan membaca, kita tidak hanya meningkatkan wawasan dan pengetahuan namun – dalam hal belajar bahasa Inggris – kita juga dapat belajar grammar dan meningkatkan vocabulary secara tidak langsung.

Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa dengan banyak membaca, maka kemampuan bahasa Inggris mereka dapat meningkat. Mereka telah membuktikan diri dengan menjadi independent learner atau pembelajar mandiri. Mereka dapat belajar bahasa Inggris secara mandiri tanpa adanya bantuan orang lain.

Buku yang fun akan membuat pembacanya menikmati hingga halaman terakhir. Maka tidaklah heran jika mereka yang sering membaca novel dalam bahasa Inggris memiliki kemampuan bahasa Inggris yang lebih baik dibanding dengan mereka yang jarang membaca.

Kebiasaan membaca dalam bahasa Inggris ini harus kita pupuk sejak dini. Orangtua dan guru sebaiknya dapat memberikan buku cerita dalam bahasa Inggris yang fun untuk anak-anak. Kita harus dapat merangsang mereka untuk membaca, jika anak-anak sudah tertarik dengan suatu cerita maka secara tidak langsung mereka telah menjadi seorang pembelajar mandiri.

Namun kendala yang kita hadapi adalah minimnya bahan bacaan yang fun alias menyenangkan untuk anak-anak. Menyenangkan dari sisi tema/topik maupun tingkat kesulitan di bidang grammar dan vocabulary yang cocok untuk anak. Sulit kita menemukan buku cerita dalam bahasa Inggris yang cocok untuk anak-anak. Memang jika kita browsing di amazon.com, kita dapat dengan mudah mendapatkan buku cerita bahasa Inggris untuk anak. Tapi kita harus ketahui bahwa buku cerita tersebut ditulis dan diproduksi oleh negara asing dengan target pembacanya adalah anak-anak di negara asing tersebut.

Apakah buku-buku tersebut cocok untuk anak-anak kita? Mungkin tidak, usia boleh sama namun kemampuan bahasa Inggris mereka jelas berbeda dengan kemampuan bahasa Inggris anak-anak Indonesia. Hambatan dalam bidang kompetensi membuat anak-anak kita tidak dapat menikmati membaca buku-buku bacaan terbitan asing tersebut.

Lalu, apa solusinya? Salah satu yang kita dapat lakukan adalah dengan memberikan bahan bacaan cerita rakyat Indonesia dalam Bahasa Inggris. Mengapa cerita rakyat alias dongeng? Ada banyak manfaat dengan memberikan cerita rakyat dalam Bahasa Inggris kepada anak-anak. Cerita rakyat memberikan cerita yang berisikan tentang norma, kebiasaan yang baik, kebijakan, dan pedoman hidup yang bermanfaat untuk anak-anak. Selain itu cerita rakyat juga memberikan informasi unik tentang asal-asal suatu daerah atau budaya, dengan demikian secara tidak langsung kita juga memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk belajar mencintai tanah air.

Pembelajar Mandiri

Selain membaca buku yang tepat, kita juga perlu mengenali gaya belajar yang cocok untuk kita. Hal ini penting karena setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda dalam belajar. Ada orang yang mudah menyerap ilmu di tengah malam yang sunyi. Ada yang mudah mendapatkan inspirasi di pagi hari. Ada juga orang yang menikmati membaca di tengah keramaian seperti di halte bis, kafe, atau di halaman kampus bagi mahasiswa. Tapi ada juga orang yang membutuhkan tempat yang sunyi agar mudah berkosentrasi. Tapi ada juga orang yang tidak bisa belajar kalau tidak menyalakan musik.

Gaya mana yang benar? Semuanya benar dan bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah mengenali gaya belajar Anda? Satu hal yang pasti, kita tidak bisa memaksakan diri untuk mengikuti gaya orang lain.

Kalau Anda tipe orang yang sangat mudah tidur, maka mencoba untuk bangun di tengah malam dan kemudian belajar justru akan membuat Anda stress. Alih-alih mendapatkan ilmu, kesehatan Anda justru akan terganggu karena kurang tidur.

Atau Anda mencoba meniru teman Anda untuk mengerjakan tugas di kafe. Anda buka laptop dan mencoba kosentrasi. Kalau Anda tipe orang yang butuh keheningan untuk konsentrasi maka jangan coba- coba untuk meniru teman Anda mengerjakan tugas di kafe. Jangan sampai Anda menjadi stress dan teriam “Diam!” kepada pengunjung kafe.

Seorang pembelajar mandiri tahu kapan menggunakan waktu dan tempat yang baik untuk belajar.
Selamat belajar, selamat membaca .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s